materi ajar harian 25 Juli 2019

Hari/ tanggal                            : Kamis/  25 Juli 2019
Kelas                                        : 2
Tema/ Subtema/Pembelajaran : 1 ( Hidup Rukun)/ 2 ( Hidup Rukun di Tempat Bermain)/ 4
Alat peraga                               : kartu bilangan dan video pembelajaran


RINGKASAN MATERI

1.      Teks percakapan permintaan maaf atau tolong
Percakapan adalah sebuah bentuk komunikasi yang dilakukan oleh dua orang atau lebih untuk menyampaikan ide, pendapat, komentar, atau perasaannya.
Langkah-langkah menyusun teks percakapan adalah:
a) menentukan tema percakapan
b) menentukan jumlah orang yang terlibat dalam percakapan
c) menyusun teks percakapan dengan menggunakan ejaan yang tepat
Contoh teks percakapan dapat dilihat pada buku teks 2A halaman 63.

2.      Mengurutkan bilangan cacah
Cara untuk mengurutkan beberapa bilangan dengan membandingkan nilai ratusan, puluhan, dan satuannya.
Perhatikan bilangan 362, 356, dan 348.
362 = 300 + 60 + 2
356 = 300 + 50 + 6
348 = 300 + 40 + 8
Nilai ratusan ketiga bilangan tersebut sama, yaitu 300.
Nilai puluhannya tidak sama, yaitu 60, 50, dan 40.
Urutan puluhan mulai dari yang terkecil : 40, 50, 60
Urutan bilangan : 348, 356, 362



Soal-soal

Bahasa Indonesia
Membuat percakapan tentang kalimat ajakan dan permintaan maaf.
Aku             :
Temanku     :
Aku             :
Temanku     :

Matematika
A. Urutkan billangan berikut dari yang terkecil:
1. 253         356         242         491
2. 230         320         231         302
3. 315         270         311         285
4. 434         416         372         425

B. Urutkan bilangan berikut dari yang terbesar:
1. 278         472         326         287
2. 264         393         413         360
3. 375         420         384         412
4. 452         386         392         437

C. Lengkapilah urutan bilangan berikut:
1. 276                        280         282
2.                312         314                         318
3. 356                        358                         360
4.                               402                         404



Komentar