Hari/ tanggal : Senin/ 22 Juli 2019
Kelas : 2
Tema/ Subtema/Pembelajaran : 1 ( Hidup Rukun)/ 2 ( Hidup Rukun di Tempat Bermain)/ 1
Alat peraga : video lagu
RINGKASAN MATERI
1. Ajakan sebagai sikap hidup rukun
Kalimat ajakan adalah kalimat yang digunakan untuk meminta orang lain melakukan sesuatu.
Contohnya mengajak bermain, mengajak belajar, mengajak shalat bersama dan masih banyak lagi. Untuk membuat kalimat ajakan kita dapat menggunakan kata-kata seperti: Ayo, mari, yuk
Mendengarkan pembacaan syair lagu “gembira berkumpul” dan memahami kalimat yang merupakan kalimat ajakan.
Gembira Berkumpul
Ciptaan: A.T. Mahmud
Ayo kawan ayo kawan berkumpul
Berkumpul bersenang senang semuanya
Jangan segan jangan segan bersama
Bersama menyanyi bergembira
Tepuk tangan tepuk tangan
Tepuk tangan bergembira
Sekali lagi sekali lagi
Tepuk tangan kita semua bergembira
2. Nilai tempat
Membandingkan dua bilangan cacah dengan lebih banyak, sama dengan, dan kurang dari melalui perbandingan banyaknya kubus. Cara untuk menentukan suatu bilangan lebih banyak atau kurang dari dengan membandingkan nilai angka pada tempat ratusan, puluhan, dan satuannya.
3. Pola irama melalui lagu anak
Dalam lagu :gembira berkumpul” terdapat pola irama. Pola irama adalah panjang pendeknya bunyi. Panjang pendeknya bunyi dihitung berdasarkan ketukan. Ketukan ditentukan oleh birama. Birama digunakan untuk menentukan ketukan per satu ruas birama. Menyanyikan lagu gembira berkumpul dengan pola irama dan memeragakan gerakan koordinasi antara tangan, kaki, dan kepala meniru gerakan keseharian saat bergembira dan bertepuk tangan.
Hari/ tanggal : Selasa/ 23 Juli 2019
Kelas : 2
Tema/ Subtema/Pembelajaran : 1 ( Hidup Rukun)/ 2 ( Hidup Rukun di Tempat Bermain)/ 2
Alat peraga :
RINGKASAN MATERI
1. Membaca teks percakapan yang didalamnya terdapat kalimat ajakan dan menentukan kalimat ajakan tersebut.
2. Sikap yang sesuai dengan sila pertama dan kedua saat bermain
Sila pertama pancasila berbunyi Ketuhanan yang maha esa
Lambang sila pertama adalah bintang
Sila pertama diamalkan dengan melaksanakan perintah agama.
Contoh pengamalan dari sila pertama saat bermain adalah pulang untuk beribadah dan meminta izin untuk beribadah ketika kita bermain dengan teman yang berbeda agama.
Sila kedua pancasila berbunyi Kemanusiaan yang adil beradab
Lambang sila kedua adalah rantai
Sila ini mengajarkan kita untuk selalu berbuat baik
Contoh pengamalan dari sila kedua saat bermain adalah menolong teman yang terjatuh dan mengajak teman bermain bersama
Hari/ tanggal : Rabu/ 24 Juli 2019
Kelas : 2
Tema/ Subtema/Pembelajaran : 1 ( Hidup Rukun)/ 2 ( Hidup Rukun di Tempat Bermain)/ 3
Alat peraga :
RINGKASAN MATERI
1. Teks permintaan maaf atau tolong sebagai gambaran sikap hidup rukun
Hidup rukun adalah sikap menjaga hubungan baik dengan sesama, tidak bertengkar dengan orang lain dan saling tolong menolong. Ketika kita melakukan kesalahan kita harus segera meminta maaf dengan menggunakan ungkapan permintaan maaf yang santun.
Contoh kalimat permintaan maaf ketika bermain, “Maaf ya, teman-teman. Hari ini aku tidak bisa ikut bermain.”
Begitu pula ketika kita ingin meminta tolong. Tolong menolong adalah saling membantu tanpa pamrih antarsesama manusia. Membantu tanpa pamrih adalah membantu tanpa mengharapkan imbalan.
Contoh kalimat permintaan tolong ketika bermain, “Tolong ajari aku menggunakan sepatu roda, Tita.”
2. Perbandingan bilangan cacah
Cara untuk membandingkan bilangan tiga angka adalah sebagai berikut:
a) Bandingkan mulai angka yang paling kiri (angka ratusan)
b) Jika angka ratusan sama, maka bandingkan angka puluhan
c) Jika angka puluhan juga sama, bandingkan sangka satuan
Perhatikan bilangan 225 dan 252.
184 = 100 + 80 + 4
181 = 100 + 80 + 1
Nilai angka pada tempat puluhan tidak sama
Nilai angka pada tempat ratusan sama
Nilai angka pada tempat ratusan kedua bilangan tersebut sama, yaitu 100.
Nilai angka pada tempat puluhannya sama, yaitu 80.
Nilai angka pada tempat satuannya tidak sama, yaitu 4 dan 1.
Karena 4 lebih dari 1 maka 184 lebih dari 181.
Perbandingan kedua bilangan dapat ditulis dalam bentuk simbol.
Simbol “ < “ menunjukkan bilangan kurang dari.
Simbol “ > “ menunjukkan bilangan lebih dari.
Simbol “ = “ menunjukkan bilangan sama dengan.
Jadi, dapat ditulis 184 > 181
3. Gerakan keseharian dan alam dalam tari
Menirukan gerakan alam yaitu gerakan dahan pohon bergoyang, gerakan bunga mekar, dan gerakan angin ribut.
Gerakan dahan pohon bergoyang tertiup angin dengan cara tangan diayun ke depan naik turun dan tangan direntangkan naik turun.
Gerakan bunga mekar dengan cara berdiri dengan satu lutu, kedua tangan di atas, bangkit berdiri perlahan-lahan.
Gerakan angin ribut dengan cara kedua tangan diayun berputar ke bawah dan ke atas secara cepat, badan mengikuti gerakan tangan.
Hari/ tanggal : Kamis/ 25 Juli 2019
Kelas : 2
Tema/ Subtema/Pembelajaran : 1 ( Hidup Rukun)/ 2 ( Hidup Rukun di Tempat Bermain)/ 4
Alat peraga :
RINGKASAN MATERI
1. Teks percakapan permintaan maaf atau tolong
Percakapan adalah sebuah bentuk komunikasi yang dilakukan oleh dua orang atau lebih untuk menyampaikan ide, pendapat, komentar, atau perasaannya.
Langkah-langkah menyusun teks percakapan adalah:
a) menentukan tema percakapan
b) menentukan jumlah orang yang terlibat dalam percakapan
c) menyusun teks percakapan dengan menggunakan ejaan yang tepat
Contoh teks percakapan dapat dilihat pada buku teks 2A halaman 63.
2. Mengurutkan bilangan cacah
Cara untuk mengurutkan beberapa bilangan dengan membandingkan nilai ratusan, puluhan, dan satuannya.
Perhatikan bilangan 362, 356, dan 348.
362 = 300 + 60 + 2
356 = 300 + 50 + 6
348 = 300 + 40 + 8
Nilai ratusan ketiga bilangan tersebut sama, yaitu 300.
Nilai puluhannya tidak sama, yaitu 60, 50, dan 40.
Urutan puluhan mulai dari yang terkecil : 40, 50, 60
Urutan bilangan : 348, 356, 362
Hari/ tanggal : Jumat/ 26 Juli 2019
Kelas : 2
Tema/ Subtema/Pembelajaran : 1 ( Hidup Rukun)/ 2 ( Hidup Rukun di Tempat Bermain)/ 5
Alat peraga :
RINGKASAN MATERI
1. sikap yang sesuai dengan sila ketiga, keempat dan kelima saat bermain
Sila ketiga pancasila berbunyi Persatuan Indonesia
Lambang sila ketiga adalah pohon beringin
Sila ini mengajarkan kita untuk menjaga persatuan
Contoh pengamalan dari sila ketiga saat bermain adalah kompak saat bermain sepakbola
Sila keempat pancasila berbunyi Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan Perwakilan
Lambang sila keempat adalah kepala banteng
Sila ini diamalkan dengan melaksanakan musyawarah
Misalnya musyawarah untuk membagi tugas
Sila kelima pancasila berbunyi keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia
Lambang sila kelima adalah padi dan kapas
Sila kelima diamalkan dengan menegakkan keadilan dan gotong royong
Misalnya gotong royong merapikan mainan setelah selesai bermain
2. kalimat tanya
kalimat tanya adalah kalimat yang berisi pertanyaan kepada orang lain untuk memperoleh jawaban dari orang yang ditanya. Setiap kalimat tanya dilengkapi oleh kata tanya. Terdapat beberapa kata tanya yang dapat digunakan, yaitu:
a) siapa, digunakan untuk menanyakan nama
b) kapan, digunakan untuk menanyakan waktu
c) dimana, digunakan untuk menanyakan tempat
d) berapa, digunakan untuk menanyakan jumlah
e) apa, digunakan untuk menanyakan benda atau suatu hal
Kelas : 2
Tema/ Subtema/Pembelajaran : 1 ( Hidup Rukun)/ 2 ( Hidup Rukun di Tempat Bermain)/ 1
Alat peraga : video lagu
RINGKASAN MATERI
1. Ajakan sebagai sikap hidup rukun
Kalimat ajakan adalah kalimat yang digunakan untuk meminta orang lain melakukan sesuatu.
Contohnya mengajak bermain, mengajak belajar, mengajak shalat bersama dan masih banyak lagi. Untuk membuat kalimat ajakan kita dapat menggunakan kata-kata seperti: Ayo, mari, yuk
Mendengarkan pembacaan syair lagu “gembira berkumpul” dan memahami kalimat yang merupakan kalimat ajakan.
Gembira Berkumpul
Ciptaan: A.T. Mahmud
Ayo kawan ayo kawan berkumpul
Berkumpul bersenang senang semuanya
Jangan segan jangan segan bersama
Bersama menyanyi bergembira
Tepuk tangan tepuk tangan
Tepuk tangan bergembira
Sekali lagi sekali lagi
Tepuk tangan kita semua bergembira
2. Nilai tempat
Membandingkan dua bilangan cacah dengan lebih banyak, sama dengan, dan kurang dari melalui perbandingan banyaknya kubus. Cara untuk menentukan suatu bilangan lebih banyak atau kurang dari dengan membandingkan nilai angka pada tempat ratusan, puluhan, dan satuannya.
3. Pola irama melalui lagu anak
Dalam lagu :gembira berkumpul” terdapat pola irama. Pola irama adalah panjang pendeknya bunyi. Panjang pendeknya bunyi dihitung berdasarkan ketukan. Ketukan ditentukan oleh birama. Birama digunakan untuk menentukan ketukan per satu ruas birama. Menyanyikan lagu gembira berkumpul dengan pola irama dan memeragakan gerakan koordinasi antara tangan, kaki, dan kepala meniru gerakan keseharian saat bergembira dan bertepuk tangan.
Hari/ tanggal : Selasa/ 23 Juli 2019
Kelas : 2
Tema/ Subtema/Pembelajaran : 1 ( Hidup Rukun)/ 2 ( Hidup Rukun di Tempat Bermain)/ 2
Alat peraga :
RINGKASAN MATERI
1. Membaca teks percakapan yang didalamnya terdapat kalimat ajakan dan menentukan kalimat ajakan tersebut.
2. Sikap yang sesuai dengan sila pertama dan kedua saat bermain
Sila pertama pancasila berbunyi Ketuhanan yang maha esa
Lambang sila pertama adalah bintang
Sila pertama diamalkan dengan melaksanakan perintah agama.
Contoh pengamalan dari sila pertama saat bermain adalah pulang untuk beribadah dan meminta izin untuk beribadah ketika kita bermain dengan teman yang berbeda agama.
Sila kedua pancasila berbunyi Kemanusiaan yang adil beradab
Lambang sila kedua adalah rantai
Sila ini mengajarkan kita untuk selalu berbuat baik
Contoh pengamalan dari sila kedua saat bermain adalah menolong teman yang terjatuh dan mengajak teman bermain bersama
Hari/ tanggal : Rabu/ 24 Juli 2019
Kelas : 2
Tema/ Subtema/Pembelajaran : 1 ( Hidup Rukun)/ 2 ( Hidup Rukun di Tempat Bermain)/ 3
Alat peraga :
RINGKASAN MATERI
1. Teks permintaan maaf atau tolong sebagai gambaran sikap hidup rukun
Hidup rukun adalah sikap menjaga hubungan baik dengan sesama, tidak bertengkar dengan orang lain dan saling tolong menolong. Ketika kita melakukan kesalahan kita harus segera meminta maaf dengan menggunakan ungkapan permintaan maaf yang santun.
Contoh kalimat permintaan maaf ketika bermain, “Maaf ya, teman-teman. Hari ini aku tidak bisa ikut bermain.”
Begitu pula ketika kita ingin meminta tolong. Tolong menolong adalah saling membantu tanpa pamrih antarsesama manusia. Membantu tanpa pamrih adalah membantu tanpa mengharapkan imbalan.
Contoh kalimat permintaan tolong ketika bermain, “Tolong ajari aku menggunakan sepatu roda, Tita.”
2. Perbandingan bilangan cacah
Cara untuk membandingkan bilangan tiga angka adalah sebagai berikut:
a) Bandingkan mulai angka yang paling kiri (angka ratusan)
b) Jika angka ratusan sama, maka bandingkan angka puluhan
c) Jika angka puluhan juga sama, bandingkan sangka satuan
Perhatikan bilangan 225 dan 252.
184 = 100 + 80 + 4
181 = 100 + 80 + 1
Nilai angka pada tempat puluhan tidak sama
Nilai angka pada tempat ratusan sama
Nilai angka pada tempat ratusan kedua bilangan tersebut sama, yaitu 100.
Nilai angka pada tempat puluhannya sama, yaitu 80.
Nilai angka pada tempat satuannya tidak sama, yaitu 4 dan 1.
Karena 4 lebih dari 1 maka 184 lebih dari 181.
Perbandingan kedua bilangan dapat ditulis dalam bentuk simbol.
Simbol “ < “ menunjukkan bilangan kurang dari.
Simbol “ > “ menunjukkan bilangan lebih dari.
Simbol “ = “ menunjukkan bilangan sama dengan.
Jadi, dapat ditulis 184 > 181
3. Gerakan keseharian dan alam dalam tari
Menirukan gerakan alam yaitu gerakan dahan pohon bergoyang, gerakan bunga mekar, dan gerakan angin ribut.
Gerakan dahan pohon bergoyang tertiup angin dengan cara tangan diayun ke depan naik turun dan tangan direntangkan naik turun.
Gerakan bunga mekar dengan cara berdiri dengan satu lutu, kedua tangan di atas, bangkit berdiri perlahan-lahan.
Gerakan angin ribut dengan cara kedua tangan diayun berputar ke bawah dan ke atas secara cepat, badan mengikuti gerakan tangan.
Hari/ tanggal : Kamis/ 25 Juli 2019
Kelas : 2
Tema/ Subtema/Pembelajaran : 1 ( Hidup Rukun)/ 2 ( Hidup Rukun di Tempat Bermain)/ 4
Alat peraga :
RINGKASAN MATERI
1. Teks percakapan permintaan maaf atau tolong
Percakapan adalah sebuah bentuk komunikasi yang dilakukan oleh dua orang atau lebih untuk menyampaikan ide, pendapat, komentar, atau perasaannya.
Langkah-langkah menyusun teks percakapan adalah:
a) menentukan tema percakapan
b) menentukan jumlah orang yang terlibat dalam percakapan
c) menyusun teks percakapan dengan menggunakan ejaan yang tepat
Contoh teks percakapan dapat dilihat pada buku teks 2A halaman 63.
2. Mengurutkan bilangan cacah
Cara untuk mengurutkan beberapa bilangan dengan membandingkan nilai ratusan, puluhan, dan satuannya.
Perhatikan bilangan 362, 356, dan 348.
362 = 300 + 60 + 2
356 = 300 + 50 + 6
348 = 300 + 40 + 8
Nilai ratusan ketiga bilangan tersebut sama, yaitu 300.
Nilai puluhannya tidak sama, yaitu 60, 50, dan 40.
Urutan puluhan mulai dari yang terkecil : 40, 50, 60
Urutan bilangan : 348, 356, 362
Hari/ tanggal : Jumat/ 26 Juli 2019
Kelas : 2
Tema/ Subtema/Pembelajaran : 1 ( Hidup Rukun)/ 2 ( Hidup Rukun di Tempat Bermain)/ 5
Alat peraga :
RINGKASAN MATERI
1. sikap yang sesuai dengan sila ketiga, keempat dan kelima saat bermain
Sila ketiga pancasila berbunyi Persatuan Indonesia
Lambang sila ketiga adalah pohon beringin
Sila ini mengajarkan kita untuk menjaga persatuan
Contoh pengamalan dari sila ketiga saat bermain adalah kompak saat bermain sepakbola
Sila keempat pancasila berbunyi Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan Perwakilan
Lambang sila keempat adalah kepala banteng
Sila ini diamalkan dengan melaksanakan musyawarah
Misalnya musyawarah untuk membagi tugas
Sila kelima pancasila berbunyi keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia
Lambang sila kelima adalah padi dan kapas
Sila kelima diamalkan dengan menegakkan keadilan dan gotong royong
Misalnya gotong royong merapikan mainan setelah selesai bermain
2. kalimat tanya
kalimat tanya adalah kalimat yang berisi pertanyaan kepada orang lain untuk memperoleh jawaban dari orang yang ditanya. Setiap kalimat tanya dilengkapi oleh kata tanya. Terdapat beberapa kata tanya yang dapat digunakan, yaitu:
a) siapa, digunakan untuk menanyakan nama
b) kapan, digunakan untuk menanyakan waktu
c) dimana, digunakan untuk menanyakan tempat
d) berapa, digunakan untuk menanyakan jumlah
e) apa, digunakan untuk menanyakan benda atau suatu hal
Komentar
Posting Komentar