TUGAS
DEMONSTRASI KONTEKSTUAL
MODUL
3.2 PEMIMPIN DALAM PENGELOLAAN SUMBER DAYA
TITIS
SUGESTIANI, S.Pd
CGP
ANGKATAN 5
KOTA
BANDAR LAMPUNG
Setelah menyimak video yang ada di LMS tentang melakukan
perubahan dengan tahapan BAGJA dapat disimpulkan beberapa hal yang sesuai
dengan video tersebut:
Apakah prakarsa perubahan yang akan
dilakukan oleh guru dalam tayangan video?
Prakarsa perubahan yang akan dilakukan oleh guru dalam
video tersebut adalah “Mewujudkan kelas yang nyaman dan menyenangkan untuk
belajar”
Apakah Pertanyaan Utama dari kegiatan
yang dilakukan oleh guru dalam tayangan video tersebut?
Dari video yang sudah disimak dapat disimpulkan bahwa
pertanyaan utama dari kegiatan yang dilakukan oleh guru dalam tayangan video
tersebut adalah “Bagaimana cara mewujudkan kelas yang nyaman dan menyenangkan
untuk belajar?”
Kegiatan/tindakan apa yang dilakukan oleh guru dalam tayangan
video yang menggambarkan tahapan
Guru dalam video tersebut melakukan prakarsa perubahan
dengan menggunakan tahapan BAGJA.
1. Buat
pertanyaan
·
Guru mengajukan pertanyaan untuk
menggali informasi/pendapat serta pengalaman murid.
·
Guru menentukan pertanyaan utama
sesuai dengan prakarsa perubahan yang diinginkan
·
Pertanyaan utama dalam prakarsa
perubahan tersebut adalah “Bagaimana cara mewujudkan kelas yang nyaman dan
menyenangkan untuk belajar?”
2. Ambil
Pelajaran
·
Murid diajak untuk mengambil
pelajaran dari kelas lain untuk menambah inspirasi kelas yang membuat semangat
dalam belajar.
·
Murid diberikan kesempatan untuk
berkeliling melihat kelas 2 dan kelas 6.
·
Ketika berkeliling melihat kelas lain
murid dapat memahami apa yang mereka sukai dalam kelas tersebut.
·
Murid juga dapat bertanya dengan
murid di kelas lain tentang apa yang murid lain sukai.
·
Guru membagi siswa kedalam 4 kelompok
·
Kemudian murid melakukan diskusi
kelompok tentang apa yang mereka sukai untuk membuat semangat dalam belajar.
3. Gali
Mimpi
·
Guru mempersilahkan murid untuk
mengambil alat dan bahan yang sudah guru siapkan.
·
Guru memotivasi murid dengan cara
menutup mata dan membayangkan kelas yang nyaman dan menjadi penyemangat dalam
belajar.
·
Setelah guru meminta murid untuk
membayangkan kelas yang mereka sukai, guru meminta murid untuk menggambar kelas
yang menyenangkan dan menjadi penyemangat dalam belajar.
·
Setelah itu murid dipersilahkan untuk
mempresentasikan kelas impian menurut kelompok mereka.
·
Guru membuat catatan dari hasil
presentasi siswa sebagai hasil diskusi untuk prakarsa perubahan.
4. Jabarkan
Rencana
·
Murid diajak berkontribusi menentukan
kebutuhan di kelas.
·
Murid menyampaikan kebutuhan apa yang
mereka butuhkan untuk penyemangat dalam belajar.
·
Guru membantu menuliskan kebutuhan
kelas yang sudah disampaikan oleh murid.
·
Guru membagi tugas pada murid untuk
memenuhi kebutuhan kelas sebagai pengaplikasian rancangan perubahan.
5. Atur
Eksekusi
·
Murid diberi kesempatan berkontribusi
untuk menentukan pembagian tugas kelompok.
·
Menentukan waktu untuk melaksanakan
rencana perubahan yang sudah direncanakan guru bersama murid.
·
Menyiapkan alat dan bahan yang
diperlukan untuk mewujudkan rencana perubahan.
·
Melaksnakan rencana perubahan bersama
dengan seluruh murid dengan saling bekerjasama.
Apa peran pemimpin yang tergambar
dalam tayangan video?
Pemimpin dalam pengolahan sumber daya merupakan sebuah kemampuan
yang hendaknya dimiliki oleh seorang pemimpin dalam mengelola dan memanfaatkan
berbagai asset-aset yang dimiliki oleh sekolah untuk meningkatkan mutu,
kualitas pendidikan yang ada di sekolah. Sehingga visi misi dan opembelajaran
yang berpihak pada murid dapat terwujud.
Peran pemimpin yang tergambar dalam tayangan video tersebut
adalah seorang pemimpin dalam hal ini guru sebagai pembuat perubahan dengan
memanfaatkan segala asset-aset yang ada di sekolah untuk membuat perubahasn
tersebut. Seorang pemimpin juga harus menjadi motivator dan fasilitator bagi
murid untuk dapat berkolaborasi dengan guru dan murid lainnya, sehingga apa
yang menjadi impian murid dalam perubahan dapat terwujud.
Apa saja modal utama yang
dimanfaatkan oleh pemimpin pembelajaran dalam tayangan video? lalu bagaimana pemanfaatannya?
Dari tayangan yang ada dalam video, ada beberapa modal utama
yang dimanfaatkan oleh guru untuk menciptakan prakarsa perubahan diantaranya:
1.
Modal Manusia
Guru berkolaborasi dengan murid untuk menciptakan perubahan
kelas yang diinginkan murid. Kemudian guru juga mengikutsertakan murid dan guru
dari kelas lain untuk mengambil pelajaran dlam menciptakan perubahan. Dan
tentunya kegiatan tersebut sudah atas izin dari kepala sekolah selaku pemangku
kebijakan.
2.
Modal Sosial
Dari video yang sudah saya saksikan terlihat bahwa guru
memanfaatkan modal social yang ada, ini terlihat dari interaksi antara murid
dan guru serta sesama murid dalam menciptakan perubahan. Murid diminta untuk
berkeliling ke kelas lain untuk melihat keadaan kelas lain sehingga mereka
dapat mengambil pelajaran dari situasi di kelas lain.
3.
Modal Politik
Modal politik yang terdapat dari tayangan dalam video tersebut
yaitu sebelum melakukan perubahan pasti guru sudah berkoordinasi dengan kepala
sekolah sebagai pemangku kebijakan. Kebijakan yang diambil oleh guru pasti
sudah melalui koordinasi dengan kepala sekolah.
4.
Modal Agama dan Budaya
Guru yang ada dalam video tersebut memanfaatkan modal budaya
yang ada dalam aspek sekolah. Modal budaya tersebut yaitu hasil karya yang dihasilkan
oleh pemikiran murid untuk menciptakan kelas yang nyaman menurut mereka.
5.
Modal Fisik
Guru yang ada dalam video tersebut memanfaatkan modal fisik yang
ada yaitu berupa ruang kelas dan segala perlengkapan yang ada di kelas.
6.
Modal Lingkungan/Alam
Dari video yang sudah disaksikan tersebut guru memanfaatkan
lingkungan sekolah untuk merencanakan perubahan dengan murid.
7.
Modal Finansial
Guru tersebut juga menggunakan modal finansial terbukti dengan
guru menyiapkan segala perlengkapan untuk menciptakan perubahan kelas yang
dirasa nyaman dan menjadi penyemangan murid.
Komentar
Posting Komentar