TUGAS DEMONSTRASI KONTEKSTUAL MODUL 3.2 PEMIMPIN DALAM PENGELOLAAN SUMBER DAYA

 

TUGAS DEMONSTRASI KONTEKSTUAL

MODUL 3.2 PEMIMPIN DALAM PENGELOLAAN SUMBER DAYA

 

TITIS SUGESTIANI, S.Pd

CGP ANGKATAN 5

KOTA BANDAR LAMPUNG

 

Setelah menyimak video yang ada di LMS tentang melakukan perubahan dengan tahapan BAGJA dapat disimpulkan beberapa hal yang sesuai dengan video tersebut:

 

Apakah prakarsa perubahan yang akan dilakukan oleh guru dalam tayangan video?

Prakarsa perubahan yang akan dilakukan oleh guru dalam video tersebut adalah “Mewujudkan kelas yang nyaman dan menyenangkan untuk belajar”

 

Apakah Pertanyaan Utama dari kegiatan yang dilakukan oleh guru dalam tayangan video tersebut?

Dari video yang sudah disimak dapat disimpulkan bahwa pertanyaan utama dari kegiatan yang dilakukan oleh guru dalam tayangan video tersebut adalah “Bagaimana cara mewujudkan kelas yang nyaman dan menyenangkan untuk belajar?”

 

Kegiatan/tindakan apa yang dilakukan oleh guru dalam tayangan video yang menggambarkan tahapan

 

Guru dalam video tersebut melakukan prakarsa perubahan dengan menggunakan tahapan BAGJA.

1.     Buat pertanyaan

·         Guru mengajukan pertanyaan untuk menggali informasi/pendapat serta pengalaman murid.

·         Guru menentukan pertanyaan utama sesuai dengan prakarsa perubahan yang diinginkan

·         Pertanyaan utama dalam prakarsa perubahan tersebut adalah “Bagaimana cara mewujudkan kelas yang nyaman dan menyenangkan untuk belajar?”

 

 

2.    Ambil Pelajaran

·         Murid diajak untuk mengambil pelajaran dari kelas lain untuk menambah inspirasi kelas yang membuat semangat dalam belajar.

·         Murid diberikan kesempatan untuk berkeliling melihat kelas 2 dan kelas 6.

·         Ketika berkeliling melihat kelas lain murid dapat memahami apa yang mereka sukai dalam kelas tersebut.

·         Murid juga dapat bertanya dengan murid di kelas lain tentang apa yang murid lain sukai.

·         Guru membagi siswa kedalam 4 kelompok

·         Kemudian murid melakukan diskusi kelompok tentang apa yang mereka sukai untuk membuat semangat dalam belajar.

 

3.    Gali Mimpi

·         Guru mempersilahkan murid untuk mengambil alat dan bahan yang sudah guru siapkan.

·         Guru memotivasi murid dengan cara menutup mata dan membayangkan kelas yang nyaman dan menjadi penyemangat dalam belajar.

·         Setelah guru meminta murid untuk membayangkan kelas yang mereka sukai, guru meminta murid untuk menggambar kelas yang menyenangkan dan menjadi penyemangat dalam belajar.

·         Setelah itu murid dipersilahkan untuk mempresentasikan kelas impian menurut kelompok mereka.

·         Guru membuat catatan dari hasil presentasi siswa sebagai hasil diskusi untuk prakarsa perubahan.

 

4.    Jabarkan Rencana

·         Murid diajak berkontribusi menentukan kebutuhan di kelas.

·         Murid menyampaikan kebutuhan apa yang mereka butuhkan untuk penyemangat dalam belajar.

·         Guru membantu menuliskan kebutuhan kelas yang sudah disampaikan oleh murid.

·         Guru membagi tugas pada murid untuk memenuhi kebutuhan kelas sebagai pengaplikasian rancangan perubahan.

 

5.    Atur Eksekusi

·         Murid diberi kesempatan berkontribusi untuk menentukan pembagian tugas kelompok.

·         Menentukan waktu untuk melaksanakan rencana perubahan yang sudah direncanakan guru bersama murid.

·         Menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan untuk mewujudkan rencana perubahan.

·         Melaksnakan rencana perubahan bersama dengan seluruh murid dengan saling bekerjasama.

 

Apa peran pemimpin yang tergambar dalam tayangan video?

Pemimpin dalam pengolahan sumber daya merupakan sebuah kemampuan yang hendaknya dimiliki oleh seorang pemimpin dalam mengelola dan memanfaatkan berbagai asset-aset yang dimiliki oleh sekolah untuk meningkatkan mutu, kualitas pendidikan yang ada di sekolah. Sehingga visi misi dan opembelajaran yang berpihak pada murid dapat terwujud.

 

Peran pemimpin yang tergambar dalam tayangan video tersebut adalah seorang pemimpin dalam hal ini guru sebagai pembuat perubahan dengan memanfaatkan segala asset-aset yang ada di sekolah untuk membuat perubahasn tersebut. Seorang pemimpin juga harus menjadi motivator dan fasilitator bagi murid untuk dapat berkolaborasi dengan guru dan murid lainnya, sehingga apa yang menjadi impian murid dalam perubahan dapat terwujud.

 

Apa saja modal utama yang dimanfaatkan oleh pemimpin pembelajaran dalam tayangan video? lalu bagaimana pemanfaatannya?

Dari tayangan yang ada dalam video, ada beberapa modal utama yang dimanfaatkan oleh guru untuk menciptakan prakarsa perubahan diantaranya:

1.     Modal Manusia

Guru berkolaborasi dengan murid untuk menciptakan perubahan kelas yang diinginkan murid. Kemudian guru juga mengikutsertakan murid dan guru dari kelas lain untuk mengambil pelajaran dlam menciptakan perubahan. Dan tentunya kegiatan tersebut sudah atas izin dari kepala sekolah selaku pemangku kebijakan.

 

2.    Modal Sosial

Dari video yang sudah saya saksikan terlihat bahwa guru memanfaatkan modal social yang ada, ini terlihat dari interaksi antara murid dan guru serta sesama murid dalam menciptakan perubahan. Murid diminta untuk berkeliling ke kelas lain untuk melihat keadaan kelas lain sehingga mereka dapat mengambil pelajaran dari situasi di kelas lain.

3.    Modal Politik

Modal politik yang terdapat dari tayangan dalam video tersebut yaitu sebelum melakukan perubahan pasti guru sudah berkoordinasi dengan kepala sekolah sebagai pemangku kebijakan. Kebijakan yang diambil oleh guru pasti sudah melalui koordinasi dengan kepala sekolah.

4.    Modal Agama dan Budaya

Guru yang ada dalam video tersebut memanfaatkan modal budaya yang ada dalam aspek sekolah. Modal budaya tersebut yaitu hasil karya yang dihasilkan oleh pemikiran murid untuk menciptakan kelas yang nyaman menurut mereka.

5.    Modal Fisik

Guru yang ada dalam video tersebut memanfaatkan modal fisik yang ada yaitu berupa ruang kelas dan segala perlengkapan yang ada di kelas.

6.    Modal Lingkungan/Alam

Dari video yang sudah disaksikan tersebut guru memanfaatkan lingkungan sekolah untuk merencanakan perubahan dengan murid.

7.    Modal Finansial

Guru tersebut juga menggunakan modal finansial terbukti dengan guru menyiapkan segala perlengkapan untuk menciptakan perubahan kelas yang dirasa nyaman dan menjadi penyemangan murid.

 

 

Komentar